Info Sekolah
Kamis, 13 Jun 2024
  • Selamat Datang di Website Resmi SMA Negeri 2 Banggai
  • Selamat Datang di Website Resmi SMA Negeri 2 Banggai
9 April 2023

Guru Versus AI

Ming, 9 April 2023 Dibaca 95x

Guru dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) adalah dua hal yang berbeda dengan peran dan kemampuan yang berbeda pula. Meskipun AI dapat membantu dalam beberapa aspek pembelajaran, guru memiliki kelebihan yang tidak dapat digantikan oleh AI. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara guru dan AI:

  1. Keterampilan emosional: Guru memiliki keterampilan emosional yang memungkinkan mereka untuk membaca dan menangani emosi siswa dengan baik. Kemampuan ini penting dalam membentuk hubungan yang positif dengan siswa dan memotivasi mereka untuk belajar. AI tidak dapat menggantikan hubungan sosial yang dibangun oleh guru.
  2. Penilaian kualitatif: Guru mampu menilai kualitas dan kemajuan siswa secara kualitatif. Guru dapat memberikan umpan balik dan saran yang terpersonalisasi, yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan dan memecahkan masalah secara efektif. AI belum sepenuhnya mampu menangani hal ini.
  3. Penyesuaian: Guru dapat menyesuaikan pembelajaran dan pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru dapat menyesuaikan strategi pembelajaran, tingkat kesulitan materi, dan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan gaya belajar siswa. AI masih terbatas dalam kemampuan untuk menyesuaikan pengajaran dan pembelajaran dengan cara yang sama.
  4. Nilai-nilai manusia: Guru memiliki nilai-nilai manusia yang mendasar dalam pendekatan mereka terhadap pendidikan, seperti keadilan, keberagaman, dan tanggung jawab sosial. AI tidak memiliki kemampuan untuk memahami nilai-nilai manusia dan dapat mengambil keputusan yang bertentangan dengan nilai-nilai ini.
  5. Kreativitas: Guru memiliki kemampuan kreativitas dalam mengembangkan dan merancang aktivitas pembelajaran yang menyenangkan dan menarik bagi siswa. Hal ini membantu siswa tetap termotivasi dan terlibat dalam pembelajaran. AI masih terbatas dalam kemampuan untuk menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif.

Secara keseluruhan, meskipun AI dapat membantu dalam beberapa aspek pembelajaran, guru tetap memiliki kelebihan dan kemampuan yang tidak dapat digantikan oleh AI. Guru memiliki kemampuan untuk membentuk hubungan sosial dan keterampilan emosional, menilai kualitas dan kemajuan siswa secara kualitatif, menyesuaikan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa, mengajarkan nilai-nilai manusia, dan mengembangkan ide-ide kreatif dalam pembelajaran.

Artikel Lainnya